Soal EBTANAS Sosiologi Tahun 2000 Part 2
EBTANAS-SMA-01-30
Perkawinan dilaksanakan sesuai agama. Oleh sebab itu, kasus cerai dan rujuk antara suami dan istri harus sesuai dengan ...
A. tokoh agama
B. guru agama
C. hukum agama
D. pengadilan agama
E. kantor catatan sipil
EBTANAS-SMA-01-31
Para petani tradisional menguasai dan memiliki tanahpertanian sesuai dengan ...
A. hukum adat
B. norma yang berlaku
C. ketentuan tokoh masyarakat
D. hasil musyawarah desa
E. hukum perdata
EBTANAS-SMA-01-32
Dasar pelapisan sosial masyarakat pertanian bertumpu pada kepemilikan (luas) lahan karena ...
A. pada umumnya petani hanya memiliki kemampuan sebagai petani
B. tanah merupakan harta yang diwariskan kepada generasi penerus
C. tanah memiliki nilai ekonomi yang tinggi dibandingkan benda lain
D. hidup petani sangat tergantung pada kondisi alamnya
E. tingkat pendidikan petani relatif rendah dibandingkan orang kota
EBTANAS-SMA-01-33
Pengaruh kolonialisme Belanda terhadap pelapisan sosial masyarakat Indonesia yang masih dirasakan dampaknya dalam organisasi dewasa ini adalah ...
A. jabatan pemerintah didominasi militer
B. kaum elit menguasai perekonomian negara
C. terbentuknya sistem kasta pada masyarakat Bali
D. adanya sistem birokrasi yang bersifat kaku
E. adanya sistem kekuasaan yang bersifat primordial
EBTANAS-SMA-01-34
Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia terjadi pelapisan sosial berdasarkan faktor ...
A. ras
B. etnis
C. kekuasaan
D. kekayaan
E. pendidikan
EBTANAS-SMA-01-35
Industrialisasi mendorong munculnya berbagai lapangan kerja baru, hal ini menyebabkan sistem pelapisan sosialnya didasarkan pada faktor ...
A. pengalaman kerja
B. jumlah penghasilan
C. jumlah kekayaan
D. mata pencaharian
E. pendidikan tinggi
EBTANAS-SMA-01-36
Keragaman agama dalam masyarakat Indonesia didasari toleransi sehingga dapat hidup berdampingan dan disatukah oleh ...
A. ideologi negara
B. bahasa nasional
C. bendera nasional
D. negara nasional
E. tujuan nasional
EBTANAS-SMA-01-37
Berikut ini yang termasuk contoh interseksi dengan parameter profesi dan etnis adalah ...
A. sejak tinggal di Jakarta Ani dan Dewi memiliki hobi dan pekerjaan yang sama
B. sebagai sahabat karib Tono dan Dewo meskipun bekerja di tempat yang berbeda mereka tetap berhubungan:
C. konflik antara kakak dan adik itu dapat diselesaikan karena mereka sadar adanya hubungan keluarga
D. sejak mereka bekerja di tempat yang sama dan berasal dari daerah yang sama hubungan mereka kian akrab
E. Tigor yang berasal dari Batak akhirnya menikah dengan teman sekerjanya yang berasal dari Bugis
EBTANAS-SMA-01-39
Faktor penyebab adanya primordialisme adalah ...
A. kesetiaan terhadap sesuatu yang dimiliki sejak lahir
B. fanatisme yang berlebihan dan meremehkan budaya asing
C. sikap tertutup terhadap budaya asing karena rasa curiga
D. letak yang terisolasi sehingga tidak terpengaruh budaya asing
E. takut keseimbangan sistem masyarakatnya goyah
EBTANAS-SMA-01-40
Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan konflik apabila ...
A. semangat kebangsaan anggota masyarakat lemah
B. para pemimpin kuranga komodatif dan responsif
C. pendapatan per kapita rendah dan banyak pengangguran
D. moral masyarakat tidak berdasarkan agama
E. banyak tergantung kepada kemampuan bangsa lain
EBTANAS-SMA-01-41
Westernisasi dikatakan sebagai regres karena menimbulkan kemunduran, yaitu ...
A. meniru gaya hidup Barat
B. merusak kepribadian bangsa
C. menyebar ke seluruh masyarakat
D. menggunakan teknologi tinggi/mahal
E. menggantikan nilai dan norma tradisional
EBTANAS-SMA-01-42
Berikut ini merupakan contoh perubahan kecil dan kurang berpengaruh terhadap bidang lain adalah perubahan ...
A. mode busana
B. kurikulum pendidikan
C. ekonomi keuangan
D. industri perdagangah
E. tata guna tanah
EBTANAS-SMA-01-43
Faktor pendorong penenraan baru yang berkaitan dengan sikap inovatif adalah ...
A. adanya tekanan dari berbagai pihak luar
B. sadar akan kekurangan yang dimiliki
C. rasa percaya diri bahwa kesuksesan harus diraih
D. sistem sosial yang terbuka terhadap perubahan
E. masyarakat yang memiliki wawasan luas
EBTANAS-SMA-01-44
Perhatikari perilaku remaja berikut
1. Mengenakan kostum sepak bola Eropa yang terkenal
2. Mengemudikan mobil di jalan bebas hambatan
3. . Memakai tato gambar garuda di kedua tangan
4. Bermaih layang-layang di atas atap rumah
Dari perilaku di atas yang termasuk kenakalan remaja adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
EBTANAS-SMA-01-45
Dalam masa reformasi yang sering diwarnai perbedaan pendapat ini diperlukan proses akomodasi dengan cara mengakui dan menghormati ragam pendapat Proses akomodasi itu dinamakan ...
A. konsiliasi
B. konvefsi
C. toleransi
D. arbitrasi
E. kompromi
EBTANAS-SMA-01-46
Topik yang dijadikan pembahasan dalam penelitian harus orisinal antara lain untuk ...
A. memudahkan pembuktian secara empiris
B. mendapatkan hasil penelitian yang objektif
C. memotivasi peneliti dalam penelitiannya
D. menghindari peniruan karya orang lain
E. mendapatkan nilai kegunaan yang praktis
EBTANAS-SMA-01-47
Jika anda menganibil sarnpel dengan jumlah tertentu pada suatu kelompok, niisalnya kelas I: 300 orang, kelas II: 200 orang, kelas III: 100 orang, dengan alasan jumlah murid kelas I jauh lebih banyak dari pada kelas II dan III, maka anda telah menggunakan jenis sampel …
A. random
B. berstrata
C. wilayah
D. kelompok
E. proporsi
EBTANAS-SMA-01-48
Data yang diperoleh petugas sensus penduduk dengan menanyakan jumlah keluarga, umur, serta penghasilan secara door to door (dari rumah ke rumah), termasuk jenis data ...
A. kualitatif
B. kuantitatif
C. sekunder
D. primer
E. fiktif
EBTANAS-SMA-01-49
Sebuah penelitian sosial mengambil subjek dari suatu kecamatan yang terdiri atas 8 kelurahan. Supaya representatif setiap kelurahan diambil sampelnya. Cara pengambilan sampel tersebut dinamakan ...
A. purposive sampling
B. cluster sampling
C. stratified sampling
D. quota sampling
E. area sampling
EBTANAS-SMA-01-50
Untuk memandu jalannya pengamatan dalam mendapatkan data yang lengkap diperlukan ...
A. alat perekam
B. alat pencatat
C. daftaf responden
D. daftaf pertanyaan
E. pedoman observasi
EBTANAS-SMA-01-51
Teknik pengambilan sampel yang tepat untuk, meneliti siswa-siswa yang mendapat peringkat 1 sampai dengan 5 di SMU Matraman, adalah ...
A. provinsi
B. kuota
C. insidenta!
D. purposive
E. berstrata
EBTANAS-SMA-01-53
Semakin tinggi minat baca semakin berkurang waktu bermain. Hubungan korelasi antara kedua gejala tersebut bersifat ...
A. tetap
B. tidak tetap
C. tidak terbatas
D. positif
E. negatif
EBTANAS-SMA-01-54
Peneliti perlu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang'membantu penelitiannya. Rasa terima kasih itu ditulis pada ...
A. judul
B. pendahuluan
C. pengesahan
D. kesimputan
E. kata pengantar
EBTANAS-SMA-01-55
Dalam diskusi kelas, kelompok siswa peneliti bertindak sebagai ...
A. moderator
B. notulis
C. peserta
D. peninjau
E. penyaji makalah
EBTANAS-SMA-01-56
Amatilah ciri masyarakat berikut!
1. Status sosial lebih penting daripada prestasi
2. Pola berpikir bersifat ekonomis dan praktis
3. Hubungan sosial bersifat personal atau pribadi
4. Pembagian kerja berdasarkan bidang keahlian
Ciri-ciri masyarakat tradisional ditunjukkan nomor …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2.dan 4
E. 3 dan 4
EBTANAS-SMA-01-57
Mobilitas masyarakat pedesaan relatif kecil karena
A. interaksi dan hubungan sosialnya bermotif sosial
B. pengendalian sosial oleh masyarakat sangat ketat
C. memiliki solidaritas tinggi dan sifat yang religius
D. tergantung pada kebiasaan dan adat istiadat setempat
E. penduduknya homogen dan jumlahnya sedikit
EBTANAS-SMA-01-58
Ilmu pengetahuan dan masyarakat modern mempunyai korelasi positif, sehingga cara kerja prailmiah (perdukunan) tidak berlaku. Hal itu disebabkan oleh faktor ...
A. menghargai karya ilmiah orang lain
B. berdisiplin dalam berpikir ilmiah
C. percaya terhadap keunggulan IPTEK
D. berorientasi untuk kemajuan ilmu pengetahuan
E. mengikuti perkembangan jlmu pengetahuan
EBTANAS-SMA-01-59
Perhatikan ciri-ciri masyarakat berikut
1. Terbuka terhadap kritik dan saran
2. Pola berpikirnya bersifat religius
3. Kontrol sosial bersifat formal
4. Mobilitas sosialnya bersifat dinamis
5. Hubungan dan ikatan sosiabya sangat kuat
Dari pernyataan di atas yang tergolong ciri-ciri masyarakat modern adalah nomor ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 2, dan 5
D. 1, 3, dan 4
E. 1, 4, dan 5
EBTANAS-SMA-01-60
Salah satu syarat modernisasi adalah tingkat organisasi yang tinggi, yaitu ...
A. lahirnya birokrasi yang efisien
B. hilangnya suasana santai
C. terciptanya disiplin
D. adanya garis-garis komando
E. mudahnya mendapatkan data
EBTANAS-SMA-01-61
Perkembangan ilmu pengetahuan rnerupakan dasar berpijaknya masyarakat modern karena ...
A. dengan ilmu pengetahuan kemajuan diperoleh
B. kehidupan menjadi indah dan nyaman
C. dapat mengganti manusia dengan robot
D. membuat sumber daya manusia yang siap pakai
E. ilmu pengetahuan memacu sikap koosumtif
EBTANAS-SMA-01-62
Hubungan antara demokratisasi dengan modernisasi dapat terlihat pada ...
A. tidak terdapat diskriminasi antarkelompok
B. persamaan hak setiap orang dihargai dan dihormati
C. sistem pelapisan sosial tidak terlihat di masyarakat
D. setiap orang berhak mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak
E. setiap orang berhak mengembangkan dirinya sesuai profesinya
EBTANAS-SMA-01-63
Makna dari modernisasi ekonomi yang berkaitan dengan effiensi adalah ...
A. upaya penghapusan ekonomi biaya tinggi
B. mewujudkan program belajar 9 tahun
C. peningkatan swasembada pangan
D. peningkatan produktivitas di bidang industri
E. berkurangnya ketergantungan dari negara maju
EBTANAS-SMA-01-64
Secara serius sekularisasi di bidang kehidupan agama merupakan jawaban atas ...
A. doktrin agama
B. fungsi agama
C. penyebaran agama
D. dominasi agama
E. kebebasan agama
EBTANAS-SMA-01-65
Dewasa ini telah berkembang dalam masyarakat tentang pentingnya kebijakan pemerintah untuk memberikan kebebasan dan kemudahan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemajuan di sektor industri dan ekonomi bagi masyarakat. Contoh di atas menjelaskan dan menunjukkan adanya hubungan antara demokrasi dengan ...
A. modernisasi
B. industrialisasi
C. ekonomi
D. politik
E. IPTEK
EBTANAS-SMA-01-66
Politik belah bambu dan adu domba pemerintah kolonial Belanda di Indonesia berpengaruh terhadap munculnya masalah sosial, yaitu ...
A. kemiskinan
B. kebodohan
C. keterbelakangan
D. sentimen etnis
E. kualitas manusia
EBTANAS-SMA-01-67
Salah satu kendala dalam mencapai tujuan pendidikan format adalah ...
A. adanya penyempurnaan kurikulum sesuai kebutuhan masyarakat
B. semakin meningkatnya tingkat buta huruf di masyarakat
C. krisis ekonomi dan moneter yang berkepanjangan
D. sarana dan prasarana belum merata antara kota dengan desa
E. meningkatkan pinjaman luar negeri untuk kesejahteraan guru
EBTANAS-SMA-01-68
Sesuai dengan tingkat perkembangannya, pembangunan nasional dilaksanakan dengan bertumpu pada pembangunan ...
A. ekonomi industri
B. pendidikan dasar
C. sektor pertanian
D. bidang ekonomi
E. kualitas manusia
EBTANAS-SMA-01-69
Kesenjangan sosial ekonomi merupakan dampa negatif dari kebijakan pembangunan yang memerlukan ...
A. pembangunan berencana
B. program pembangunan desa
C. hasil pembangunan jangka pendek
D. prioritas pembangunan nasional
E. dampak pembangunan ekonomi rakyat
EBTANAS-SMA-01-70
Seharusnya pembangunan nasional dapat berhasil mengangkat taraf hidup rakyat. Namun demikian masih juga kita temukan rakyat yang melarat. Berdasarkan kenyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam masyarakat kita masih terdapat ...
A. perbedaan pendapat per kapita
B. kesenjangan sosial dan ekonomi
C. perbedaan kesempatan dalam bekerja
D. kesenjangan dalam pendidikan
E. kelas-kelas dalam masyarakat
Perkawinan dilaksanakan sesuai agama. Oleh sebab itu, kasus cerai dan rujuk antara suami dan istri harus sesuai dengan ...
A. tokoh agama
B. guru agama
C. hukum agama
D. pengadilan agama
E. kantor catatan sipil
EBTANAS-SMA-01-31
Para petani tradisional menguasai dan memiliki tanahpertanian sesuai dengan ...
A. hukum adat
B. norma yang berlaku
C. ketentuan tokoh masyarakat
D. hasil musyawarah desa
E. hukum perdata
EBTANAS-SMA-01-32
Dasar pelapisan sosial masyarakat pertanian bertumpu pada kepemilikan (luas) lahan karena ...
A. pada umumnya petani hanya memiliki kemampuan sebagai petani
B. tanah merupakan harta yang diwariskan kepada generasi penerus
C. tanah memiliki nilai ekonomi yang tinggi dibandingkan benda lain
D. hidup petani sangat tergantung pada kondisi alamnya
E. tingkat pendidikan petani relatif rendah dibandingkan orang kota
EBTANAS-SMA-01-33
Pengaruh kolonialisme Belanda terhadap pelapisan sosial masyarakat Indonesia yang masih dirasakan dampaknya dalam organisasi dewasa ini adalah ...
A. jabatan pemerintah didominasi militer
B. kaum elit menguasai perekonomian negara
C. terbentuknya sistem kasta pada masyarakat Bali
D. adanya sistem birokrasi yang bersifat kaku
E. adanya sistem kekuasaan yang bersifat primordial
EBTANAS-SMA-01-34
Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia terjadi pelapisan sosial berdasarkan faktor ...
A. ras
B. etnis
C. kekuasaan
D. kekayaan
E. pendidikan
EBTANAS-SMA-01-35
Industrialisasi mendorong munculnya berbagai lapangan kerja baru, hal ini menyebabkan sistem pelapisan sosialnya didasarkan pada faktor ...
A. pengalaman kerja
B. jumlah penghasilan
C. jumlah kekayaan
D. mata pencaharian
E. pendidikan tinggi
EBTANAS-SMA-01-36
Keragaman agama dalam masyarakat Indonesia didasari toleransi sehingga dapat hidup berdampingan dan disatukah oleh ...
A. ideologi negara
B. bahasa nasional
C. bendera nasional
D. negara nasional
E. tujuan nasional
EBTANAS-SMA-01-37
Berikut ini yang termasuk contoh interseksi dengan parameter profesi dan etnis adalah ...
A. sejak tinggal di Jakarta Ani dan Dewi memiliki hobi dan pekerjaan yang sama
B. sebagai sahabat karib Tono dan Dewo meskipun bekerja di tempat yang berbeda mereka tetap berhubungan:
C. konflik antara kakak dan adik itu dapat diselesaikan karena mereka sadar adanya hubungan keluarga
D. sejak mereka bekerja di tempat yang sama dan berasal dari daerah yang sama hubungan mereka kian akrab
E. Tigor yang berasal dari Batak akhirnya menikah dengan teman sekerjanya yang berasal dari Bugis
EBTANAS-SMA-01-39
Faktor penyebab adanya primordialisme adalah ...
A. kesetiaan terhadap sesuatu yang dimiliki sejak lahir
B. fanatisme yang berlebihan dan meremehkan budaya asing
C. sikap tertutup terhadap budaya asing karena rasa curiga
D. letak yang terisolasi sehingga tidak terpengaruh budaya asing
E. takut keseimbangan sistem masyarakatnya goyah
EBTANAS-SMA-01-40
Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan konflik apabila ...
A. semangat kebangsaan anggota masyarakat lemah
B. para pemimpin kuranga komodatif dan responsif
C. pendapatan per kapita rendah dan banyak pengangguran
D. moral masyarakat tidak berdasarkan agama
E. banyak tergantung kepada kemampuan bangsa lain
EBTANAS-SMA-01-41
Westernisasi dikatakan sebagai regres karena menimbulkan kemunduran, yaitu ...
A. meniru gaya hidup Barat
B. merusak kepribadian bangsa
C. menyebar ke seluruh masyarakat
D. menggunakan teknologi tinggi/mahal
E. menggantikan nilai dan norma tradisional
EBTANAS-SMA-01-42
Berikut ini merupakan contoh perubahan kecil dan kurang berpengaruh terhadap bidang lain adalah perubahan ...
A. mode busana
B. kurikulum pendidikan
C. ekonomi keuangan
D. industri perdagangah
E. tata guna tanah
EBTANAS-SMA-01-43
Faktor pendorong penenraan baru yang berkaitan dengan sikap inovatif adalah ...
A. adanya tekanan dari berbagai pihak luar
B. sadar akan kekurangan yang dimiliki
C. rasa percaya diri bahwa kesuksesan harus diraih
D. sistem sosial yang terbuka terhadap perubahan
E. masyarakat yang memiliki wawasan luas
EBTANAS-SMA-01-44
Perhatikari perilaku remaja berikut
1. Mengenakan kostum sepak bola Eropa yang terkenal
2. Mengemudikan mobil di jalan bebas hambatan
3. . Memakai tato gambar garuda di kedua tangan
4. Bermaih layang-layang di atas atap rumah
Dari perilaku di atas yang termasuk kenakalan remaja adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
EBTANAS-SMA-01-45
Dalam masa reformasi yang sering diwarnai perbedaan pendapat ini diperlukan proses akomodasi dengan cara mengakui dan menghormati ragam pendapat Proses akomodasi itu dinamakan ...
A. konsiliasi
B. konvefsi
C. toleransi
D. arbitrasi
E. kompromi
EBTANAS-SMA-01-46
Topik yang dijadikan pembahasan dalam penelitian harus orisinal antara lain untuk ...
A. memudahkan pembuktian secara empiris
B. mendapatkan hasil penelitian yang objektif
C. memotivasi peneliti dalam penelitiannya
D. menghindari peniruan karya orang lain
E. mendapatkan nilai kegunaan yang praktis
EBTANAS-SMA-01-47
Jika anda menganibil sarnpel dengan jumlah tertentu pada suatu kelompok, niisalnya kelas I: 300 orang, kelas II: 200 orang, kelas III: 100 orang, dengan alasan jumlah murid kelas I jauh lebih banyak dari pada kelas II dan III, maka anda telah menggunakan jenis sampel …
A. random
B. berstrata
C. wilayah
D. kelompok
E. proporsi
EBTANAS-SMA-01-48
Data yang diperoleh petugas sensus penduduk dengan menanyakan jumlah keluarga, umur, serta penghasilan secara door to door (dari rumah ke rumah), termasuk jenis data ...
A. kualitatif
B. kuantitatif
C. sekunder
D. primer
E. fiktif
EBTANAS-SMA-01-49
Sebuah penelitian sosial mengambil subjek dari suatu kecamatan yang terdiri atas 8 kelurahan. Supaya representatif setiap kelurahan diambil sampelnya. Cara pengambilan sampel tersebut dinamakan ...
A. purposive sampling
B. cluster sampling
C. stratified sampling
D. quota sampling
E. area sampling
EBTANAS-SMA-01-50
Untuk memandu jalannya pengamatan dalam mendapatkan data yang lengkap diperlukan ...
A. alat perekam
B. alat pencatat
C. daftaf responden
D. daftaf pertanyaan
E. pedoman observasi
EBTANAS-SMA-01-51
Teknik pengambilan sampel yang tepat untuk, meneliti siswa-siswa yang mendapat peringkat 1 sampai dengan 5 di SMU Matraman, adalah ...
A. provinsi
B. kuota
C. insidenta!
D. purposive
E. berstrata
EBTANAS-SMA-01-53
Semakin tinggi minat baca semakin berkurang waktu bermain. Hubungan korelasi antara kedua gejala tersebut bersifat ...
A. tetap
B. tidak tetap
C. tidak terbatas
D. positif
E. negatif
EBTANAS-SMA-01-54
Peneliti perlu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang'membantu penelitiannya. Rasa terima kasih itu ditulis pada ...
A. judul
B. pendahuluan
C. pengesahan
D. kesimputan
E. kata pengantar
EBTANAS-SMA-01-55
Dalam diskusi kelas, kelompok siswa peneliti bertindak sebagai ...
A. moderator
B. notulis
C. peserta
D. peninjau
E. penyaji makalah
EBTANAS-SMA-01-56
Amatilah ciri masyarakat berikut!
1. Status sosial lebih penting daripada prestasi
2. Pola berpikir bersifat ekonomis dan praktis
3. Hubungan sosial bersifat personal atau pribadi
4. Pembagian kerja berdasarkan bidang keahlian
Ciri-ciri masyarakat tradisional ditunjukkan nomor …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2.dan 4
E. 3 dan 4
EBTANAS-SMA-01-57
Mobilitas masyarakat pedesaan relatif kecil karena
A. interaksi dan hubungan sosialnya bermotif sosial
B. pengendalian sosial oleh masyarakat sangat ketat
C. memiliki solidaritas tinggi dan sifat yang religius
D. tergantung pada kebiasaan dan adat istiadat setempat
E. penduduknya homogen dan jumlahnya sedikit
EBTANAS-SMA-01-58
Ilmu pengetahuan dan masyarakat modern mempunyai korelasi positif, sehingga cara kerja prailmiah (perdukunan) tidak berlaku. Hal itu disebabkan oleh faktor ...
A. menghargai karya ilmiah orang lain
B. berdisiplin dalam berpikir ilmiah
C. percaya terhadap keunggulan IPTEK
D. berorientasi untuk kemajuan ilmu pengetahuan
E. mengikuti perkembangan jlmu pengetahuan
EBTANAS-SMA-01-59
Perhatikan ciri-ciri masyarakat berikut
1. Terbuka terhadap kritik dan saran
2. Pola berpikirnya bersifat religius
3. Kontrol sosial bersifat formal
4. Mobilitas sosialnya bersifat dinamis
5. Hubungan dan ikatan sosiabya sangat kuat
Dari pernyataan di atas yang tergolong ciri-ciri masyarakat modern adalah nomor ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 2, dan 5
D. 1, 3, dan 4
E. 1, 4, dan 5
EBTANAS-SMA-01-60
Salah satu syarat modernisasi adalah tingkat organisasi yang tinggi, yaitu ...
A. lahirnya birokrasi yang efisien
B. hilangnya suasana santai
C. terciptanya disiplin
D. adanya garis-garis komando
E. mudahnya mendapatkan data
EBTANAS-SMA-01-61
Perkembangan ilmu pengetahuan rnerupakan dasar berpijaknya masyarakat modern karena ...
A. dengan ilmu pengetahuan kemajuan diperoleh
B. kehidupan menjadi indah dan nyaman
C. dapat mengganti manusia dengan robot
D. membuat sumber daya manusia yang siap pakai
E. ilmu pengetahuan memacu sikap koosumtif
EBTANAS-SMA-01-62
Hubungan antara demokratisasi dengan modernisasi dapat terlihat pada ...
A. tidak terdapat diskriminasi antarkelompok
B. persamaan hak setiap orang dihargai dan dihormati
C. sistem pelapisan sosial tidak terlihat di masyarakat
D. setiap orang berhak mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak
E. setiap orang berhak mengembangkan dirinya sesuai profesinya
EBTANAS-SMA-01-63
Makna dari modernisasi ekonomi yang berkaitan dengan effiensi adalah ...
A. upaya penghapusan ekonomi biaya tinggi
B. mewujudkan program belajar 9 tahun
C. peningkatan swasembada pangan
D. peningkatan produktivitas di bidang industri
E. berkurangnya ketergantungan dari negara maju
EBTANAS-SMA-01-64
Secara serius sekularisasi di bidang kehidupan agama merupakan jawaban atas ...
A. doktrin agama
B. fungsi agama
C. penyebaran agama
D. dominasi agama
E. kebebasan agama
EBTANAS-SMA-01-65
Dewasa ini telah berkembang dalam masyarakat tentang pentingnya kebijakan pemerintah untuk memberikan kebebasan dan kemudahan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemajuan di sektor industri dan ekonomi bagi masyarakat. Contoh di atas menjelaskan dan menunjukkan adanya hubungan antara demokrasi dengan ...
A. modernisasi
B. industrialisasi
C. ekonomi
D. politik
E. IPTEK
EBTANAS-SMA-01-66
Politik belah bambu dan adu domba pemerintah kolonial Belanda di Indonesia berpengaruh terhadap munculnya masalah sosial, yaitu ...
A. kemiskinan
B. kebodohan
C. keterbelakangan
D. sentimen etnis
E. kualitas manusia
EBTANAS-SMA-01-67
Salah satu kendala dalam mencapai tujuan pendidikan format adalah ...
A. adanya penyempurnaan kurikulum sesuai kebutuhan masyarakat
B. semakin meningkatnya tingkat buta huruf di masyarakat
C. krisis ekonomi dan moneter yang berkepanjangan
D. sarana dan prasarana belum merata antara kota dengan desa
E. meningkatkan pinjaman luar negeri untuk kesejahteraan guru
EBTANAS-SMA-01-68
Sesuai dengan tingkat perkembangannya, pembangunan nasional dilaksanakan dengan bertumpu pada pembangunan ...
A. ekonomi industri
B. pendidikan dasar
C. sektor pertanian
D. bidang ekonomi
E. kualitas manusia
EBTANAS-SMA-01-69
Kesenjangan sosial ekonomi merupakan dampa negatif dari kebijakan pembangunan yang memerlukan ...
A. pembangunan berencana
B. program pembangunan desa
C. hasil pembangunan jangka pendek
D. prioritas pembangunan nasional
E. dampak pembangunan ekonomi rakyat
EBTANAS-SMA-01-70
Seharusnya pembangunan nasional dapat berhasil mengangkat taraf hidup rakyat. Namun demikian masih juga kita temukan rakyat yang melarat. Berdasarkan kenyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam masyarakat kita masih terdapat ...
A. perbedaan pendapat per kapita
B. kesenjangan sosial dan ekonomi
C. perbedaan kesempatan dalam bekerja
D. kesenjangan dalam pendidikan
E. kelas-kelas dalam masyarakat
0 Komentar untuk "Soal EBTANAS Sosiologi Tahun 2000 Part 2"
Post a Comment
Silahkan ditanyakan jika ada yang bingung