Soal SPMB Ekonomi Tahun 2004
1. SPMB 2004
Diketahui C = 3000 + 0.75 Y dimana C = konsumsi dan Y = Pendapatan, apabila pada saat itu pertambahan Investasi sebesar $ 1000,000 maka pendapatan akan bertambah sebesar
A. $ 750,000
B. $ 1,050,000
C. $ 1,750,000
D. $ 4,050,000
E. $ 7,500,000
2. SPMB 2004
Pendapatan yang menyatakan tinggi rendahnya nilai suatu barang ditentukan oleh jumlah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang tersebut, dikemukakan oleh
A. Adam Smith
B. Leon Walras
C. David Ricardo
D. Stanley Jevons
E. Karl Marx
3. SPMB 2004
Pergeseran kurva permintaan ke kiri dapat disebabkan oleh penurunan
A. jumlah barang yang dibeli
B. pendapatan
C. kebutuhan
D. jumlah barang yang diminta
E. harga barang yang bersangkutan
4. SPMB 2004
Deflasi adalah keadaan perekonomian dimana
A. pemerintah menurunkan nilai rupiah terhadap mata uang asing (kurs meningkat)
B. terjadi kemacetan ekonomi sehingga pengangguran meningkat
C. terjadi defisit dalam APBN
D. terjadi perampingan birokrasi
E. harga barang-barang pada umumnya cenderung turun
5. SPMB 2004
Selama bulan Juli 2003, suatu perusahaan menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 25.000.000,00. Pemilik melakukan pengambilan prive sebesar Rp. 1.300.000,00. Pada tanggal 1 Juli 2003 utang perusahaan ini berjumlah Rp. 12.000.000. Pada tanggal 31 Juli 2003 modal bertambah Rp. 17.000.000,00 dan utangnya berjumlah Rp. 6.000.000,00.
Jumlah biaya selama bulan Juli 2003 adalah
A. Rp. 18.700.000,00
B. Rp. 18.300.000,00
C. Rp. 15.300.000,00
D. Rp. 12.700.000,00
E. Rp. 12.300.000,00
6. SPMB 2004
Biaya yang ditanggung oleh sebuah perusahaan untuk membeli atau menyewa setiap faktor produksi disebut sebagai biaya
A. variabel
B. tetap
C. rata-rata
D. implisit
E. eksplisit
7. SPMB 2004
Strategi pembangunan dengan memperkuat sektor industri, telah menghasilkan hal-hal berikut, KECUALI
A. pertumbuhan ekonomi yang pesat
B. produktivitas tenaga kerja yang meningkat
C. meningkatkan pendapatan per kapita
D. mengurangi pengangguran
E. memeratakan pendapatan
8. SPMB 2004
Bila diketahui fungsi permintaan : P = 2500 – 5Q Elastisitas titik (point elasticity) adalah ”unitary elastis” pada saat harga sebesar
A. Rp. 750
B. Rp. 1250
C. Rp. 1500
D. Rp. 1750
E. Rp. 2000
9. SPMB 2004
Sesuai hukum permintaan dan penawaran, naiknya permintaan cateris paribus akan menyebabkan harga
A. dan kuantitas ekuilibrium naik.
B. dan kuantitas ekuilibrium turun.
C. dan kuantitas ekuilibrium stabil.
D. ekuilibrium turun, kuantitas ekuilibrium naik.
E. ekuilibrium naik, kuantitas ekuilibrium turun.
10. SPMB 2004
Pasar monopolitis mengandung pengertian bahwa
A. situasi pasar persaingan yang didasarkan pada produksi barang yang bermacam-macam
B. ada sangat banyak perusahaan yang menghasilkan produk yang sama
C. ada banyak perusahaan yang memproduksi bermacam-macam barang
D. ada beberapa perusahaan yang menghasilkan produk yang sama
E. hanya satu perusahaan yang menghasilkan satu produk barang
11. SPMB 2004
Motif spekulasi dari permintaan uang sebagaimana dikemukakan oleh Keynes merupakan fungsi dari
A. tingkat bunga
B. laba
C. pendapatan
D. investasi
E. perkiraan harga di masa mendatang
12. SPMB 2004
Biaya tetap rata-rata adalah merupakan jarak vertikal antara biaya
A. rata-rata dengan biaya variabel rata-rata
B. rata-rata dengan biaya batas
C. variabel rata-rata dengan biaya batas
D. total dengan biaya batas
E. total dengan biaya variabel
13. SPMB 2004
Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat menggeser kurva permintaan ke kanan, KECUALI
A. harga barang itu sendiri
B. harga barang lain
C. jumlah penduduk
D. pendapatan konsumen
E. selera konsumen
14. SPMB 2004
Tujuan monopolis menerapkan diskriminasi harga adalah untuk
A. memaksimalkan keuntungan
B. memaksimalkan penjualan
C. menarik surplus konsumen
D. menarik surplus produsen
E. menarik konsumen sebanyak-banyaknya
15. SPMB 2004
Politik Dumping adalah tindakan
A. perlindungan terhadap barang-barang yang sama yang dihasilkan di dalam negeri
B. mengadakan pasar bersama, misalnya pasar ASEAN
C. penjualan barang pada pasar persaingan sempurna
D. standarisasi barang
E. penyeragaman harga dasar
16. SPMB 2004
Dalam pasar persaingan tidak sempurna maka produsen sebagai pricetaker
SEBAB
Dalam pasar persaingan tudak sempurna harga jual ditentukan oleh produsen tersebut.
Opportunity cost adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, yang terdiri atas biaya tetap (FFC) dan biaya variabel (VC)
SEBAB
Besarnya FC tidak dipengaruhi oleh jumlah barang yang diproduksi, sedangkan VC tergantung pada jumlah barang yang diproduksi.
18. SPMB 2004
Yang termasuk fungsi pengorganisasian dalam suatu badan usaha adalah
(1) menetapkan sasaran yang hendak dicapai
(2) mengkoordinir kegiatan bawahan
(3) menetapkan pembagian pekerjaan sesuai dengan keahliannya
(4) menetapkan pelaksanaan kegiatan perusahaan
19. SPMB 2004
Struktur organisasi manajemen koperasi Indonesia adalah
(1) rapat anggota
(2) pengurus
(3) badan pengawas
(4) manajer
20. SPMB 2004
Yang merupakan ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah
(1) pembeli dan penjualnya banyak
(2) produknya homogen
(3) penjual dan pembeli sama-sama mengetahui keadaan pasar
(4) firm bebas keluar masuk dalam industri
0 Komentar untuk "Soal SPMB Ekonomi Tahun 2004"
Post a Comment
Silahkan ditanyakan jika ada yang bingung