Soal UMPTN Bahasa Indonesia Tahun 2001


Soal UMPTN Bahasa Indonesia Tahun 2001

Kondisi sumber daya hutan sudah berada pada tahap yang sangat mengkhawatirkan, sementara lahan kritis terus meluas. Dari 46,7 juta hektare hutan alam produksi yang ada, sekarang 14,2 juta hektare sudah teerwujud hutan rusak dan tanah kosong.
Berdasarkan catatan terakhir hanya 13,6 juta hektare hutan bekas tebangan yangkondisinya agak baik, sedangkan hutan alam primer yang tersisa tinggal 18,9 juta hektare. Bahkan, kawasan hutan konservasi dan hutan lindung sudah dirambah dan dieksploitasi kayunya secara ilegal dengan kerusakan mencapai 5,9 juta hektare. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertanian dan Kehutanan pada acara Puncak Penghijauan dan Konservasi Alam Nasional (PPKAN) ke –40 di Desa Jabiran, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.
Kerusakan hutan antara lain merupakan akibat euforia reformasi yang disalhtafsirkan serta provokasi dari sekelompok orang yang terdorong emosi dan nafsu serakah untuk memenuhi ambisinya. Masyarakat didorong untuk melakukan tindakan desdruktif terhadap hutan.
Penyelenggaraan PPKAN tahun 2000 merupakan momentum yang tepat untuk menyadari pentingnya pengelolaan hutan dengan prinsip manfaat bagi kesejahteraan rakyat secara menyeluruh, berkeadilan, dan berkelanjutan. Upaya rehabilitasi dan konservasi alam harus melibatkan banyak pihak. Di samping itu, permasalahan tersebut tidaklah homogen di wilayah-wilayah. Oleh karena itu, upaya rehabilitasi dan konservasi alam harus dirancang partisipatif sehingga dapat dipraktekkan secara berkesinambungan.

1. UMPTN 2001

Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah sebagai berikut.
A. Penyelenggaraan PPKAN Tahun 2000
B. Kondisi sumber Daya Hutan Sangat Mengkhawatirkan
C. Upaya Rehabilitasi dan konservasi Melibatkan Banyak Pihak
D. Kerusakan Hutan
E. Rehabilitasi dan Konservasi Hutan

2. UMPTN 2001

Berdasarkan bacaan di atas, kerusakan hutan terkjadi akibat
A. masyarakat didorong untuk melakukan tindakan desdruktif terhadp hutan
B. penebangan kayu yang dilakukan secara tidak sah.
C. lahan kritis terus meluas
D. adanya hutan rusak dan tanah kosong yang mencapai 14,2 juta hektare
E. pengelolaan yang tidak mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat dan tidak melibatkam masyarakat.

3. UMPTN 2001

Hal berikut diungkapkan pada bacaan di atas.
A. Acara Puncak Penghijauan dan Konservasi Alam (PPKAN) ke-40 di Desa Jabiran merupakan kegiatan yang harus dilakukan.
B. Hutan bekas tebangan yang kondisinya agak baik hanya 13,6 juta hektare
C. Hutan lindung mengalami kerusakan sebanyak 6,7 %
D. Tanpa pelaksanaa PPKAN, masyarakat tidak dapat menyadari pentingnya.
E. Diperkirakan bahwa 14,2% hutan alam produksi telah mengalami kerusakan.

4. UMPTN 2001

Topik bacaan di atas adalah ....
A. Upaya rehabilitasi dan konservasi alam harus melibatkan banyak pilihan
B. Pelaksanaa PPKAN merupakan momentum yang sangat tepat.
C. Kerusakan hutan diakibatkan oleh euforia reformasi.
D. Kerusakan hutan mencapai tahap yang mengkhawatirkan.
E. Hutan Konservasi dan kutan lindung sudah diekploitasi kayunya secara ilegal

5. UMPTN 2001

Berdasarkan bacaan di atas, pernyataan berikut benar.
A. Setiap wilayah memiliki persoalan kehutanan yang berbeda
B. Penanganan rehabilitasi dan konservasi alam bukanlah persoalan yang bersifat heterogen
C. Kerusakan hutan diakibatkan belum dilaksanakannya PPKAN selama masa Orde Baru.
D. Kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan muncul setelah PPKAN dilaksanakan.
E. Kerusakan hutan berada pada tahap yang mengkhawatirkan. Persoalan itu telah diungkapakn oleh Menteri Pertanian dan Kehutanan.

6. UMPTN 2001

Penulisan kata serapan di bawah ini benar KECUALI ....
A. kualitas
B. kuitansi
C. kuesioner
D. jadual
E. jumat

7. UMPTN 2001

Semua bentuk kata berulang dalam kalimat-kalimat berikut ini menyatakan makna saling KECUALI ....
A. Kedua kelompok itu berlempar-lemparan batu
B. Sebagai bangsa yang santun kita harus hormat-menghormati.
C. Yanti dan Yanto tolong-menolong menyelesaikan tugas yang berat.
D. Kedua bus itu dahulu-mendahului di jalan bebas hambatan.
E. Soal masak-memasak saat ini menjadi urusan kaum bapak juga.

8. UMPTN 2001

Kedatangan tamu disambut dengan upacar adat.
Fungsi imbuhan ke-an pada kalimat di atas sama dengan fungsi –nya pada kalimat
A. Dia mengecat rumahnya dengan cat putih.
B. Hasil kebunnya cukup biaya hidup keluarga.
C. Buku itu berjudul Lahirnya Pancasila.
D. Sakitnya tidak tertahankan olehku.
E. Obat itu bukan main mahalnya.

9. UMPTN 2001

Ibu membacakan adik dongeng.
Fungsi imbuhan me-kan pada kata membacakan sama dengan imbuhan me-kan pada kata dalam kalimat
A. Pak Haji menjahitkan kain sarungnya yang baru
B. Ayah membelikan adik sepeda
C. Pemuda-pemuda mengucapkan sumpahnya dalm upacara tadi padi.
D. Pelayan menyediakan makan pagi.
E. Peristiwa itu sangat menyedihkan.

10. UMPTN 2001

Kata bercetak miring dalam kalimat berikut ini baku KECUALI
A. Pertemuan itu dihadiri para rohaniawan dari berbagai negara.
B. Heroisme di mana pun tidak pernah terlepas dari situasi sosial politik
C. Membuat masyarakat gemar berolahraga bukanlah pekerjaan yang mudah.
D. Untuk mempercayai seseorang, diperlukan kehati-hatian.
E. Untuk memcahkan masalah tersebut, diperlukan daya analisis yang tinggi

11. UMPTN 2001

Kalimat yang benar pemakaian tanda bacanya adalah ....
A. Mereka bekerja terus, walaupun malam telah larut.
B. Lalu lintas padat sekali, karena itu kami datang terlambat.
C. Kami membutuhkan tangga, gergaju, dan palu.
D. Anak-anak, pemuda dan orang tua hadir dalam upacara itu.
E. Rupannya dia tidak tahu , bahwa besok libur.

12. UMPTN 2001

Penulisan kata yang tidak tepat terdapat pada kata-kata bercetak miring dalam kalimat
A. Warga kompleks membangun gedung pertemuan secara swadaya.
B. Pada saat pascapanen, harga gabah sering merosot.
C. Setiap bus antarprovinsi harus dalam kondisi laik jalan.
D. Para tunawisma di bawah jembatan layang akan ditertibkan.
E. Banyak pelajar melakukan kerjasosial untuk mengisi liburan.

13. UMPTN 2001

Imbuhan ber– yang mempunyai arti mempunyai terdapat dalam kalimat
A. Adik bersepeda ke sekolah
B. Murid berusaha menyelesaikan tugasnya
C. Saya bermaksud mengunjungi nenek.
D. Ibu berbelanja di pasar.
E. Petinju itu berkeringat selama bertanding.

14. UMPTN 2001

Tangkis–menangkis pukulan diantara kedua pesilat itu benar-benar memukau penonton.
Arti pengulangan tangkis-menangkis pada kalimat di atas sama dengan arti pengulangan pada kata bercetak miring di bawah ini KECUALI ....
A. Budaya tolong-menolong diantara tetangga harus terus dipelihara
B. Kedua remaja itu tidak saling menyapa, tetapi lirik-melirik juga.
C. Caci-mencaci yang dilakukan mereka sangat merusak suasana.
D. Kami bekerja terus-menerus selama dua belas jam.
E. Awalnya dorong-mendorong, akhirnya mereka berkelahi.

15. UMPTN 2001

Pola kalimat inti yang sama dengan Pemandangan di desa itu sangat indah. adalah ....
A. Para mahasiswa harus belajar tekun.
B. Baju seragam kerja ayah sangat bagus.
C. Indahnya pemandangan di Puncak Pas.
D. Keberaniannya tidak diragukan lagi.
E. Kegigihan para mahasiswa pada masa reformasi membuahkan hasil.

16. UMPTN 2001

Nelayan menangkap ikan di laut.
Pola kalimat di atas sama dengan polakalimat berikut KECUALI
A. Siswa membaca buku di perpustakaan.
B. Kami bergembira pad pesta ulang tahunnya.
C. Kemarin polisi menangkap pencopet di pasar itu.
D. Kami harus mengembalikan buku-buku itu pada tempatnya semula.
E. Mereka menonton pesta rakyat di alun-alun.

17. UMPTN 2001

Pola kalimat Indonesia pernah juga berjaya sama dengan pola kalimat
A. Dagangan mereka kadang-kadang tidak laku.
B. Dia bersedia berkorban demi kepentingan negara.
C. Puisi itu di tulis untuk sahabatnya yang telah tiada.
D. Uangnya disimpan di dalam lemari besi
E. Gaji terasa kurang karean inflasi belum juga berakhir.

18. UMPTN 2001

Bu Karta memilih kain itu dan Pak Karta membayarnya.
A. Adik tidur saja di sini, atau Adik ikut pulang juga .
B. Hasan tidak mau belajar serius, melainkan bermain-main sepanjang hari.
C. Para mahasiswa aktif mengikuti diskusi, hanya Andi yang pasif.
D. Kaka makan di rumah, atau kakak makan di warung.
E. Miryati dan kepala regu penyiar pria mengetahu hal itu.

19. UMPTN 2001

Karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan.
Frase verba dalam pernyataan di atas adalah ....
A. pengaruh globalisasi
B. akan mengalami
C. tuntutan kehidupan
D. pergeseran apresiasi
E. cara pandang

20. UMPTN 2001

Kesenimbangunan pembangunan hanya mungkin dilaksanakan jika ketahanan Nasional dan kualitas trilogi pembangunan meningkat.

Kalimat di atas menggunakan frase nomina berikut KECUALI ....
A. kesinambungan pembangunan
B. ketahanan nasional
C. kualitas trilogi pembangunan
D. trilogi pembangunan
E. mungkin dilaksanakan

21. UMPTN 2001

Penghilangan unsur kalimat terdapat pada
A. Bagaimanakah keadaan ibumu ?
B. Saya menonton televisi kemarin
C. Kemarin saya menonton televisi
D. Saya menonton televisi dan adik juga.
E. Otong bunuh diri.

22. UMPTN 2001

Kami semua tengah menantikan angin baik untuk melancarkan aksi menentang mereka.

Makna angin dalam kalimat di atas adalah
A. cuaca
B. keadilan
C. suasana
D. kabar
E. kesempatan

23. UMPTN 2001

Hati-hati membawa barang ini. Jangan sampai jatuh, ya!
Kata jatuh yang dipakai dalam arti seperti pada kalimat di atas terdapat pada
A. Nilainya jatuh gara-gara tidak memperhatikan pertujuk soal ujian.
B. Nama Institusi kita tidak akan jatuh hanya karena kasus ini.
C. Selamat bertanding pembalap itu tidak memperdulikan berapa kali jatuh bangun di medan yang becek.
D. Sejak lama dia jatuh hati dengan kebudayaan Indonesia.
E. Sudah lama ia jatuh sakit.

24. UMPTN 2001

Aksi jual beli saham di Bursa Efek Jakarta kembali bergairah.

Pasangan kata di bawah ini yang setipe dengan jual beli tanah ialah
A. pantang mundur
B. terus terang
C. serah terima
D. cuci tangan
E. sepak terjang

25. UMPTN 2001

Di antara frase-frase berikut yang mempunyai tiga tafsiran makna adalah
A. anak guru yang pandai
B. penanam padi krawang
C. lima ribuan
D. surat nikah
E. lukisan Affandi

26. UMPTN 2001

Penangan stres sangat bersifat pribadi. Artinya, penanganan setiap penderita berbeda. Penanganan tersebut lebih banyak menyangkut perawatan jiwa. Misalnya, mendekatkan diri kepada Tuhan mengungkapkan segala keluhan kepada sahabat, menangis sepuas-puasnya, memaki-maki hewan, memukul-mukul kasur, atau mendatangi tempat rekreasi. Memang, penanganan stres bisa juga dengan menggunakan obat-obatan. Akna tetapi, hali itu sering mengakibatkan ketergantungan atau ketagihan.

Inti paragraf di atas adalah
A. pribadi stres
B. pendekatan stres
C. keistimewaan stres
D. penanganan stres
E. penderita stress

27. UMPTN 2001

Wawasan Nusantara tidak hanya bertujuan untuk mewujudkna kesejahteraan bagi bangsa Indonesia saja, tetapi juga ikut serta dalam mewujudkan kebahagiaan bagi seluruh umat manusia.

Penggunaan kata pada kalimat di atas dapat dihemat dengan menghilangkan
A. untuk dan saja
B. untuk dan tetapi
C. untuk, saja, dan tetapi
D. untuk, saja dan bagi
E. untuk, tetapi, dan bagi.

28. UMPTN 2001

Nenek itu…masa lalunya yang indah di kapal pesiar.

Pengisis titik-titik dalam kalimat yang tepat adalah
A. bercerita
B. menceritakan tentang
C. bercerita tentang
D. bercerita dengan
E. menceritakan mengenai

29. UMPTN 2001

Pemerintah Indonesia melakukan berbagai daya dan upaya untuk merangsang kedatangan wisman ke Indonesia.

Kata yang tepat untuk menggambarkan daya dan upaya adalah
A. strategi.
B. strategis
C. strategik.
D. strategisasi
E. strata.

30. UMPTN 2001

Kalimat di bawah ini yang tepat digunakan sebagi penutup surat dinas ialah
A. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
B. Atas perhatian Saudara, kami menghaturkan ucapan terima kasih.
C. Atas perhatian Saudara, diperbanyak ucapan terima kasih.
D. Atas perhatian Saudara, beribu-ribu terima kasih disampaikan.
E. Atas perhatian Saudara, sebelum dan sesudahnya diucapakan terima kasih.

31. UMPTN 2001

Saya tidak menyetujui bahwa usul tersebut diajukan sekarang.
Yang diingkari dalam kalimat itu adalah
A. menyetujui usul tersebut
B. usul tersebut diajukan sekarang.
C. saya menyetujui usul tersebur dengan diajukan sekarang.
D. menyetujui usul tersebut diajukan sekarang.
E. diajukan sekarang.

32. UMPTN 2001

Premis Umum : Tugas TNI mengawal pertahanan dan keamanan nasional.
Premis khusus : Pak Tono Anggota TNI
Rumusan simpulan yang tepat adalah
A. Tugas utama Pak Tono menjaga stabilitas nasional
B. Pak Tono bertugas mengawal pertahanan dan keamanan nasional.
C. Karena Pak . Tono TNI, ia harus menjaga stabilitas nasional.
D. Pertahanan dan keamanan nasional harus dijaga Pak. Tono.
E. Pak Tono bertugas menjaga stabilitas nasional.

33. UMPTN 2001

Makin samar
mana mulia, mana hina
mana kemajuan, mana kemunduran.
Katakanlah,
adakah kemajuan kalau kita lebih banyak mendirikan.
bank dan ruang gudang dari candi atau mesjid.
Kalau kita lebih menimbang kasi orang dengan uang dari hati.

Perasaan dan sikap penyair terhadap dunianya waktu itu adalah
A. kecewa sehingga benci pada kemajuan
B. cemas mekihat kemajuan pembangunan yang terlalu pesat.
C. samar-samar melihat maju mundurnya pembangunan.
D. ragu atas kemajuan materi semata, apakah itu maju atau mundur.
E. frustasi karena kemajuan itu tidak jelas

34. UMPTN 2001

Klise adalah ungkapan yang sangat penting diulang penggunaannya. Berikut ini ada sebuah ungkapan yang bukan klise, yaitu
A. Siang berebut dengan malam
B. Bulan bersembunyi di balik awan.
C. Matahari tenggelam di ufuk barat.
D. Nyiur melambai di tepi pantai.
E. Dinginnya tak tercatat di termometer.

35. UMPTN 2001

Ombak memecah di tepi pantai.
Angin berhembus lemah lembut.
Puncak kelapa melambai-lambai.
Di ruang angkasa awan bergelut.

Puisi di atas menggunakan gaya bahasa
A. hiperbola
B. personifikasi
C. repetisi
D. asosiasi
E. metafora

Berlangganan update artikel terbaru via email:


0 Komentar untuk "Soal UMPTN Bahasa Indonesia Tahun 2001"

Post a Comment

Silahkan ditanyakan jika ada yang bingung