Inilah Penjelasan Mengapa Gaya Sentrifugal Dianggap Tidak Ada


Gaya sentrifugal adalah lawan dari gaya sentripetal dan merupakan efek semu yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar. Arah gaya sentrifugal selalu menjauhi pusat lingkaran. Fungsi gaya sentrifugal ini hanyalah untuk mengimbangi gaya sentripetal sehingga benda yang melakukan gerak melingkar berada dalam keadaan setimbang.

Gaya sentrifugal hanya dapat diamati atau dirasakan jika kita menggunakan kerangka acuan non-inersial atau kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tidak konstan terhadap bumi. Sebagai contoh, ketika seseorang berada di dalam bola besar yang sedang berputar seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Inilah Penjelasan Mengapa Gaya Sentrifugal Dianggap Tidak Ada

Ketika bola berputar, maka orang tersebut akan merasa terpental seperti terdorong ke luar padahal sebenarnya tidak ada gaya yang bekerja jika diamati dari luar bola tersebut. Akan tetapi apabila diamati dari dalam bola tersebut, maka pengamat juga akan merasakan hal yang sama seperti orang itu, yaitu akan ikut terpental menjauhi pusat lingkaran. Ketika kita menggunakan kerangka acuan non-inersial, maka gaya yang bekerja pada orang itu adalah gaya sentrifugal.

Pada kerangka acuan non-inersial, Hukum Newton tidak berlaku. Oleh karena itu, dibuatlah konsep gaya fiktif atau gaya khayal yang sering disebut gaya pseudo, di mana gaya fiktif ini hanya dapat diamati jika kerangka acuannya adalah kerangka acuan non-inersial. Gaya sentrifugal merupakan salah satu contoh gaya fiktif sehingga keberadaannya tidak pernah dianggap ada. Inget ya fiktif bukan fiksi hehe

Kenapa gaya sentrifugal tidak pernah dianggap ada?

Menurut Hukum I Newton, jika terdapat gaya total yang bekerja pada suatu benda, maka benda tersebut berada dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan (GLB). Ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingakaran.

Nah apabila terdapat gaya sentrifugal yang arahnya menjauhi pusat lingkaran, maka akan terdapat gaya total yang menyebabkan benda bergerak sepanjang garis lurus. Namun, kenyataan yang terjadi, benda tetap melakukan gerak melingkar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada gaya sentrifugal, yang ada hanyalah efek semu yang ditimbulkannya.

Itulah sebabnya mengapa kita jarang atau mungkin tidak pernah menggunakan gaya sentrifugal dalam perhitungan untuk gerak melingkar karena kerangka yang digunakan adalah kerangka inersial sehingga perhitungannya pun menggunakan gaya sentripetal yang menuju pusat lingkaran bukan gaya sentrifugal yang menjauhi lingkaran.

Contoh gaya sentrifugal:
  1. Lumpur yang terpental dari ban mobil yang bergerak
  2. Peristiwa yang kita rasakan saat menaiki komedi putar atau permainan ontang-anting
  3. Pembalap Motogp yang tergelincir saat menikung belokan
  4. Saat berada di mobil yang menikung ke kanan, kita merasa terdorong ke kiri

Demikianlah artikel tentang Penjelasan Mengapa Gaya Sentrifugal Dianggap Tidak Ada. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Mohon maaf bila ada salah kata. Terima Kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:


0 Komentar untuk "Inilah Penjelasan Mengapa Gaya Sentrifugal Dianggap Tidak Ada"

Post a Comment

Silahkan ditanyakan jika ada yang bingung